BAMBU

06.09 Panitia TBZ 0 Comments


By : Xiauqighufran

Pohon Bambu tidak akan menunjukkan pertumbuhannya pada 5 tahun pertama, walaupun setiap hari disiram, dan diberi pupuk (emang ada ya, orang yang nyiramin sama mupukin bambu??), maksudnya, walaupun diberi perawatan intensif, bambu tidak akan menunjukkan pertumbuhannya pada 5 tahun pertama, walaupun tumbuh mungkin hanya sedikit saja.

Akan tetapi, setelah 5 tahun kemudian, bambu akan menunjukkan pertumbuhannya yang luar biasa pesat, ukurannya bukan lagi hitungan centimeter, melainkan meter (kalo kilometer mungkin gak ya??)

Selama 5 tahun pertama, bambu memang tidak menunjukkan pertumbuhan batangnya, akan tetapi dia mengalami pertumbuhan akar yang luar biasa, bambu menyiapkan pondasi nya selama 5 tahun, agar pondasi itu benar benar kuat untuk kedepannya ia mampu menopang ketinggian batangnya yang berpuluh puluh meter kelak.

Bangsa Arab ketika menanam biji kurma, mereka meletakkan batu diatasnya agar nantinya tunas kurma tertekan oleh batu tersebut , memaksa akarnya untuk tumbuh kuat ke bawah tanah agar pohon kurma ini nantinya memiliki akar yang kuat untuk menopang batang kurma yang besar itu. Baru kemudian setelah waktu yang ditentukan, batu yang menindihi biji kurma kelak diambil agar ia bisa menunjukkan pertumbuhan pada batangnya.

Jika kita mengalami suatu hambatan, kegagalan, rintangan, kekecewaan, bukan berarti kita tidak mengalami perkembangan, melainkan justru terjadi perkembangan yang luar biasa didalam diri kita. Tuhan menekan kita agar kita menjadi lebih kuat dulu, baru setelah itu kita bisa menunjukkan perkembangan kita secara zahir, sebagaimana pohon kurma yang tertekan oleh batu untuk pertumbuhan akarnya, dan sebagaimana pohon bambu yang secara mandiri menekan pertumbuhan akarnya untuk keberlangsungan hidupnya kelak.

Rasa lelah, hampir menyerah memang ada di saat kita mengalami kerasnya cobaan kehidupan. Catatan pentingnya, jangan pernah menyerah atau balik arah, lakukan saja sebisa kita sambil menadahkan tangan kepada Yang Maha Kuasa.

"La partie la plus difficile d'une fusée pour atteindre l'orbite est de traverser la gravité terrestre"🇫🇷 artinya "bagian terberat agar sebuah roket mencapai orbit adalah saat melalui gravitasi bumi".

Bagian peralatan pendukung terbesar pada roket adalah jet pendorong, namun setelah keluar dari atmosfir bumi, jet tersebut di lepas, dan roket menggunakan bahan bakar minimum untuk berjalan di luar angkasa, tanpa usaha yang keras.

Bagian terberat dalam ujian kehidupan adalah diawalnya, ketika kita mampu melewati batas tertentu, niscaya kita akan mudah menyelesaikan ujian tersebut. Bukan berarti selesai, ujian akan terus menerus datang, akan tetapi semua ujian akan berat di awal saja, semakin tinggi kemampuan orang, semakin rumit ujiannya. Ukuran boleh beda, tapi persenan tetap sama. Maju terus pantang mundur.

Karena akar bambu kuat menancap, ketika angin menerpanya ia merunduk, ketika angin berhenti, ia kembali tegak. Ketika kita dihadapkan oleh suatu problem, ikuti saja alurnya, nikmati kasusnya, dengan catatan teguh terhadap pendirian diri sendiri layaknya akar bambu yang tetap kuat menancap, saat angin menerpa.


Terima Kasih

You Might Also Like

0 comments: